Free Hello Kitty ani Cursors at www.totallyfreecursors.com
Dewi Yulia Ramadani: ANALISIS SKRIPSI

Rabu, 23 Januari 2013

ANALISIS SKRIPSI





Analisis mengenai skripsi ini saya buat guna memenuhi tugas mata kuliah metode penelitian, mohon maaf jika terdapat kesalahan mengenai isi yang ada didalamnya.

Judul Skripsi  : Analisis Halte Yang Ergonomi Dikawasan Kalimalang, Jakarta Timur
Penulis            :Giri Saputra
Asal                 :Teknik Industri , Universitas Gunadarma

1.  Jenis penelitiananya adalah penelitian survei karena tujuan utamanya adalah mengumpulkan informasi tentang variabel dari sekolompok obyek (populasi) yang dapat diteliti pada skripsi ini variabeknya berupa permasalahan terhadap halte.
2.      Sifat penelitiannya berdasarkan sifat masalahnya yaitu:
a.       Penelitian  Deskriptif yang bertujuan untuk  membuat deskripsi halte secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi data pada daerah kalimalang, jakarta timur.
b.      Penelitian Kasus atau Lapangan dalam pengambilan data penulis mengambil data secara langsung terhadap objek yank ingin diteliti yaitu halte yang ada didaerah kalimalang, jakarta timur.
3.      Berdasarkan pengumpulan datanya yaitu:
a. Pengamatan (observasi) karena cara pengumpulan data dengan tujuan dan melihat langsung kelapangan terhadap objek yang diteliti.
b. Penggunaan kuesioner (angket) karena cara pengumpulan data dengan menggunakan daftar pertanyaan (angket) terhadap objek yang diteliti.
c.    Wawancara adalah cara pengumpulan data dengan langsung mengadakan tanya jawab kepada objek yang diteliti.
4.      Teknik yang digunakan untuk mengambil data yaitu teknik sampling karena dari 10 halte yang digunakan sebagai objek penelitian hanya 4 halte saja yang ditelitih.
5.      Kriteria yang digunakan untuk penelitian adalah aspek ergonomi yaitu anthropometri.
6.  Berdasarkan metode penelitian tujuannya yaitu mengembangkan halte yang sudah ada agar lebih ergonomis dan nyaman saat halte tersebut digunakan oleh masyarakat.
7.      Terdapat 4 halte yang ditelitih dengan masing – masing halte diambil 25 orang sebagai sampel penelitian, jadi dengan total keseluruhan halte sebanyak 100 orang sampel, Berikut ini 4 halte yang ditelitih:
a           a. Halte Pondok kelap ( depan burger n grill)
b           b.  Halte Megatama ( depan Bank BRI )
                          c. Halte Supermarket Giant ( depan Supermarket giant )
                          d. Halte Cipinang Besar ( depan SD Putra 1 )
8.  Data yang diambil bersifat kuantitatif karena data yang diambil berupa responden terhadap tingkat kepuasan serta tingkat ketidakpusan pengguna halte yang ada pada daerah kalimalang, jakarta timur. Data yang diambil berupa:
a.       Kanopi halte yang nyaman.
b.      Keamanan halte dari tindak kriminal.
c.       Kebersihan Halte.
d.      Penerangan pencahayaan halte.
e.       Terdapat tempat duduk pada halte.
f.       Halte yang kokoh / kuat.
g.      Halte menampung banyak orang.
h.      Halte tidak bocor saat hujan.
i.        Halte tidak licin saat hujan.
j.        Tidak terdapat pengemis.
9.      Menurut saya pada bab 1 sudah mencangkup semua kriteria yang ada pada bab 1 seharusnya, seperti latar belakang permasalahan, alasan dalam pengambilan terhadap masalah  yang ditelitih lalu metode yang digunakan serta tujuan yang jelas dalam pembuatan laporan ini.
10.  Menurut saya pada bab 2 materi yang diasampaikan terhadap permasalahan yang diambil belum semuanya terpenuhi dengan kriteria yang dibutuhkan, dimana teori yang disampaikan terlalu banyak mengenai pencahayaan serta tingkat penyesuaian suara seperti kebisingan, sedangkan aspek untuk anthropometrinya itu sendiri masih terlalu sedikit.
11.  Menurut saya pada bab 3 sudah memenuhi kriteria penulisan ilmiah karena pada bab metodologi penulisan ini, penulis menjabarkan cara-cara yang dilakukan pada saat pengambilan data, seperti melakukan kuisioner, wawancara langsung terhadap sampel yang diambil serta penjabaran dalam pengambilan datanya juga cukup bagus.
12.  Menurut saya pada bab 4 pembahasan ini penulis sudah bagus dalam melakukan pengolahan data serta menjelaskan sangat detail mengenai halte yang ditelitih serta penjabaran yang dilakukan sangai bagus dan sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan kepada para pembaca.
13.  Menurut saya pada bab kesimpulan dan saran ini, penulis sudah sesuai dengan metode penelitian karena isi dari penulisan tugas akhir atau skripsi pada bab ini menjawab tujuan yang ada pada bab 1.
14.  Berdasarkan analisa saya secara keseluruhan terhadap tugas akhir atau skripsi ini sudah memenuhi syarat suatu penelitian, karena sudah sesuai dengan isi dari matode penelitian serta penyampaian isi kepada pembaca juga sangat bangus karena sangat mudah dimengerti oleh para pembaca.



Sumber :
www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/industrial-technology/2009

8 komentar:

  1. This blog content is valuable for me...! Thanks Author!

    BalasHapus
  2. Makasih banyak, emang saya butuh banget nih contoh analissis skripsi, buat tugas skolah saya.

    BalasHapus
  3. Kalok analisi skripsi per_kalimat di BAB I doang gimana caranya?
    Info dong

    BalasHapus
  4. Kalok analisi skripsi per_kalimat di BAB I doang gimana caranya?
    Info dong

    BalasHapus
  5. maaf ya, agak pusing saya bacanya

    BalasHapus
  6. kenapa harus hello kitty gtu lo wkwkwk

    BalasHapus