Free Hello Kitty ani Cursors at www.totallyfreecursors.com
Dewi Yulia Ramadani: TANGGAPAN KASUS HAK MEREK

Jumat, 15 Juni 2012

TANGGAPAN KASUS HAK MEREK


NAMA      : DEWI YULIA RAMADANI
NPM          : 31410917
KELAS      : 2ID03




STUDI KASUS
         Seiring dengan eksistensi Trio Macan, saat ini muncul grup vokal yang mengusung nama dan penampilan sama persis dengan Trio Macan yaitu Tiga macan, hadirnya Tiga macan dengan penamaan serta penampilan yang sama adalah sebuah pelanggaran hak merek Trio Macan, kasus ini sangat merugikan secara material maupun nama baik Trio Macan. atas penyalahgunaan merek Trio Macan dan 3 Macan.
         Pada tanggal 31 Oktober 2011 trio macan melaporkan tiga macan ke polda metro jaya, atas pengajuan tuntutan soal pelanggaran Hak Merek. Namun, menurut personil tiga macan, Lia Ladysta, kalau kasus tuntutan terhadap pihaknya sudah di-SP3 alias Surat Penghentian Penyidikan Perkara karena pihak kepolisian tidak menemukan bukti nama tiga macan telah melanggar merek trio macan.
        Laporan ini dilakukan sebagai langkah awal untuk menertibkan penyalahgunaan hak merek Trio Macan. Karena di kalangan msyarakat muncul kebingungan dengan banyaknya trio-trio yang menggunakan nama mirip Trio Macan dengan dandan dan gaya panggung sama.
          Hadir juga dalam jumpa pers senin sore 3 personil Trio Macan yang asli yaitu Iva novanda, Lia Amelia dan Cha Cha. Via pada kesempatan tersebut menyampaikan keluhannya dengan munculnya Tiga Macan dan macam-macam yang lain sangat merisaukan di lapangan. Ini membuat kebingungan secara public, dan kerugian yang dialami bukan sekedar material, tapi juga beban moral. “Karena banyak info-info yang menyebutkan ada show Trio Macan di satu daerah dengan pakaian seronok, tapi kenyataannya yang datang Trio Macan palsu.

TANGGAPAN
          Menganggapi terhadap kasus antara trio macan dan tiga macan memang sangat sulit dipercaya banyak kalangan masyarakat termasuk saya sendri tidak dapat membedakan yang mana trio macan dan yang mana tiga macan karena bila dilihat dari cara berpakaian, berpenampilan serta performance mereka saat dipentas musik dangdut mereka yang bisa dibilang sebelas duabelas karena sama, namun dibalik itu semua terdapat perseteruan dimana trio macan yang asli melaporkan tiga macan akibat pelanggaran hak merek, menurut saya itu merupakan tindakan yang bagus dikarenakan semua itu dapat merugikan bagi trio macan yang asli baik secara material dan non material karena bila dilihat tidak Cuma tiga macan yang dibilang mengikuti gaya serta penampilan trio macan tetapi masih banyak macan-macan yang lain, semua ini mungkin bisa menjadi suatu pelajaran besar bahwa kita harus benar-benar serta pintar-pintar dalam membuat sebuah logo yang menjadi brand serta image barang atau jasa yang kita buat serta mendaftarkannya agar merek yang kita gunakan tidak dengan mudah digunakan oleh orang lain, karena bila itu dilanggar maka dapat dikenakan sanksi atau denda sesuai dengan UU pelanggaran tentang hak merek.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar